Praktikum PBO : Penggunaan Constructor pada NetBeans

Kali ini saya akan menjelaskan penggunaan constructor. Simak contoh berikut :
Buatlah 2 buah class yang terdiri dari class Login dan class Utama. Class login harus memiliki ketentuan sebagai berikut :
  • Atribut berisi username  dan password.
  • Terdapat 2 buah constructor Login. Constructor pertama tidak memiliki parameter dan memiliki nilai default username=”admin” dan password=”12345”. Sedangkan constructor kedua memiliki parameter untuk mengeset nilai username dan password berdasarkan inputan user.
  • Terdapat method setter dan getter untuk mengeset/mengubah dan mengambil nilai dari username  dan password.
Langsung saja ke langkah-langkahnya :
Ø  Langkah 1 : Membuat Skema
Keterangan :
1.      Tanda “–“ dilambangkan sebagai private
2.      Tanda “+“ dilambangkan sebagai public
 


Ø  Langkah 2 : Class Login
a.      Membuat kerangka class login
Setelah anda membuat class login, simpan file dengan nama login.java. di dalam class login saya juga menyediakan tempat untuk mendeklarasikan variabel, setter dan getter.
b.      Mendeklarasikan variabel
Setelah membuat kerangka class, selanjutnya diperlukan pendeklarasian variabel yang nantinya digunakan untuk tempat penyimpanan data sementara. Perhatikan gambar di bawah ini :
c.       Mendeklarasi constructor
Langkah selanjutnya adalah kita membuat constructor login. Contructor ini nantinya akan digunakan dalam class utama. Perhatikan gambar di bawah ini :
Coba perhatikan script pada gambar diatas. Seperti halnya dengan penggunaan method setter(), di dalam pembuatan constructor Login dengan parameter, kita juga dapat menggunnakan keyword this. Penggunaan keyword this akan mengacu pada variabel yang di deklarasikan pada class Login (lihat script yang diberi kotak berwarna biru pada gambar dibawah). Apabila variabel tersebut tidak diberi keyword this,  maka variabel tersebut akan mengacu pada variabel yang dideklarasikan pada parameter constructor (lihat script yang diberi kotak berwarna hijau pada gambar dibawah). Penggunaan keyword this dapat digunakan atau tidak (optional) apabila ada perbedaan deklarasi nama variabel pada class login
d.      Membuat method setter
Pembuatan method setter bertujuan untuk mengeset atau merubah nilai variabel username dan password. Perlu diketahui pula, bahwa pembuatan variabel pada parameter di method setter, harus sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan di kelas.
e.       Membuat method getter
Setelah membuat method setter langkah terakhir adalah membuat method getter. Pembuatan method ini bertujuan untuk mengambil nilai dari class login yang nantinya akan kita kembalikan ke dalam class utama. Perlu diketahui pula, bahwa pembuatan variabel pada parameter di method getter, harus sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan di kelas.
Ø  Langkah 3 : Class Utama
a.      Membat kerangka class utama

Setelah membuat class utama, simpan file tersebut dengan nama utama.java. di dalam class inilah program akan dijalankan.
b.      Membuat instance of class
Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah objek yang bertipe class login. Pembuatan variabel yang bertipe itulah yang dinamakan instance of class. Misalkan, objek yang dibuat adalah user1 dan user2, dimanauser1menggunakan constructor logintanpa parameter, sedangkan user2menggunakan constructor login dengan parameter.
c.       Membuat menu dan perulangan menu
Gambar dibawah ini menunjukan pembuatan menu dan perulangan menu.
d.      Membuat inputan yang diisi user
Setelah menu dan perulangan menu selesai dibuat, maka dibuuhkan inputan user untuk memilih menu tersebut. Berikut contoh script-nya.
e.       Mengecek inputan user
Inputan user yang nantinya akan diisi, akan menentukan pilihan yang akan dieksekusi. Unuk itu, diperlukan pengecekan inputan user denganmenu yang dipilih. Di sini, saya menggunakan switch…case…dikarenakan penggunaannya lebih mudah dalam mengecek sebuah menu. Berikut contoh script-nya.
f.        Mengisi Case 1 (Login Admin)
Berikut adalah script-nya.
g.      Mengisi Case  2 (Ubah Password Admin)
Berikut adalah script-nya.
h.      Mengisi Case  3 (Buat User)
Berikut adalah script-nya.
i.        Mengisi Case  4 (Lihat Data User)
Berikut adalah script-nya.
HASIL :
Tampilan awal ketika program dijalankan :
Ketika user memilih inputan menu 1 :

Ketika user memilih inputan menu 2 :

Ketika user memilih inputan menu 3 :

Ketika user memilih inputan menu 4 :

Ketika user memilih inputan menu 5 program akan keluar secara otomatis:

Komentar

Posting Komentar

Pos Populer

Praktikum PBO : Interface pada Netbeans

Praktikum PBO : Penggunaan Polymorphism pada Netbeans

Praktikum PBO : Penggunaan Inheritance pada NetBeans

TUGAS 1 : Pengenalan PBO (Pemrograman Berbasis Objek)

Praktikum PBO : I/O Stream Pada Netbeans