TUGAS 1 : Pengenalan PBO (Pemrograman Berbasis Objek)



Terdapat 2 buah class yang terdiri dari class sepatu dan class utama. Class utama digunakan untuk memanggil class sepatu. Ketika class utama dijalankan, hasilnya akan tampak seperti dibawah ini :


Sedangkan pada class sepatu harus memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut :

  • Atribut berisi merk, tipe, nomor, warna dan harga
  • Terdapat method setter dan getter untuk mengeset dan mengambil nilai dari merk, tipe,           nomor, warna dan harga.
  • Terdapat method HargaDiskon() untuk menghitung harga sepatu sesudah diskon 15%.
  • Terdapat method keterangan()  untuk mencetak statement tentang harga sepatu sesudah         diskon.


Penyelesaian :


Langkah 1 : Membuat Skema


Skema diagram digunakan untuk membatu logika kita dalam pembuatan program. Tanda “-” dilambangkan sebagai private. Sedangkan tanda “+” dilambangkan sebagai public. Berikut adalah skema diagramnya.

Sepatu
- String merk
-String tipe
-String nomor
-String warna
-double harga
+setter()
+getter()
+double HargaDiskon()
+void keterangan()
           
            Langkah 2 : Class Sepatu (ketikan script berikut)

a.      Membuat kerangka class sepatu
Setelah membuat class sepatu, simpanlah file tersebut dengan nama sepatu.java.


b.   Mendeklarasi variable yang dibutuhkan
Setelah membuat kerangka class, maka diperlukan pendeklarasian variable yang nantinya digunakan untuk tempat penyimpanan data sementara (temporary). 


c.      Membuat method setter
Langkah selanjutnya kita buat method setter untuk masing-masing variable. Pembuatan method setter bertujuan untuk mengeset nilai yang diperoleh dari class utama yang nantinya akan kita gunakan ke dalam class sepatu.


d.      Membuat method getter
Setelah membuat method setter kita tinggal membuat method getter untuk mrngambil nilai dari masing-masing variable. hal ini bertujuan untuk mengambil nilai variable dari class sepatu yang nantinya akan dikembalikan ke class utama. 


e.      Membuat method tambahan
Seperti namanya, method ini hanya sebagai tambahan apabila ada permintaan soal untuk mengolah data-data yang telah kita set dan get ke dalam bentuk informasi. Gambar di bawah ini menunjukan pembuatan method Hargadiskon() dan method keterangan().


·         Langkah 3 : Class Utama (ketikan script berikut)


a.      Membuat kerangka class utama

Setelah membuat class sepatu, simpanlah file tersebut dengan nama utama.java. Di dalam class inilah program akan dijalankan.

b.      Membuat instance of class
Setelah membuat class utama, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah objek yang bertipe class sepatu. Itulah yang dinamkan instance of class.



c.      Membuat inputan yang diisi user
Sebelum membuat inputan yang nanti diisi oleh user, kita dapat menggunakan class yang dapat digunakan untuk menerima inputan, salah satunya adalah class BufferedReader yang terdapat dalam package java.io. untuk mengakses class BufferedReader kita harus mengimport class tersebut. Berikut adalah contoh script-nya.



Setelah itu, buatlah sebuah perintah yang akan dicetak oleh program, yang nantinya user akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika program dijalankan. Setiap inputan dari user nantinya akan ditampung ke dalam variable (lihat script yang diberi kotak berwarna merah). Setelah ditampung ke dalam variabel, maka data tersebut akan di set stu per stu ke dalam class sepatu (lihat script yang diberi kotak berwarna orange). berikut adalah script-nya.


d.      Membuat Output
Ini adalah langkah terakhir, ketika data sudah diinput semua, maka diperlukan output dari hasil tampilan program tersebut. Berikut contoh script-nya.





Komentar

Pos Populer

Praktikum PBO : Interface pada Netbeans

Praktikum PBO : Penggunaan Polymorphism pada Netbeans

Praktikum PBO : Penggunaan Inheritance pada NetBeans

Praktikum PBO : Penggunaan Constructor pada NetBeans

Praktikum PBO : I/O Stream Pada Netbeans